Jimat Pupus Jati


jimat pupus jati


SERAT JIMAT PUPUS JATI


Serat Jimat Pupus Jati
Alkisah, konon kataMu aku mesti mengumpulkan bekal untuk kubawa mati,
KataMu aku mesti berjaga-jaga, sebab maut datang sebagaimana pencuri 

Ya  Tuhan, 
Sungguh aku bingung,
Dalam dosa-dosaku, bekal apa yang mesti kubawa ?, 
Sementara aku sungguh tak tahu, 
NerakaMu itu sepanas kemarau sahara, atau sebeku musim dingin Kutub Utara*) ? ... 


Dalam kebingunganku, 
Aku hanya bisa berharap, Engkau seperti yang mereka bilang,
Sang Maha Pengampun,
Yang dengan KasihMu berkenan memutihkan dosa-dosaku yang semerah remasan pupus daun jati, 

Maka sejak saat itu, 
Aku selalu berusaha menggembol pupus jati,
Sebagai ajimat kemanapun aku pergi.



Oktober 2013


*) Dalam agama / kepercayaan / mitologi Viking dan suku-suku eskimo konon neraka (Helheim) merupakan tempat dengan suhu yang gelap serta teramat sangat dingin, berkali lipat dari lingkungan es mereka tinggal; Berlawanan dengan gambaran dalam agama / kepercayaan suku-suku padang gurun, tapi intinya sama-sama merupakan kondisi terburuk dari keadaan buruk yang mereka alami/ mereka kenal (tanya google)






0 komentar:

Post a Comment